Senin, 17 Oktober 2011

Jawaban Pertanyaan Pertanyaan dari Buku Munandar (KREATIVITAS)

Bab I : Dasar pertimbangan,kebijakan dan konsep keberbakatan dan kreativitas (Hal 28)

1. Kemukakan dalam bidang apa saja dirasakan kebutuhan akan kreativitas dan berilah contoh dari pengalaman dan pengamatan Anda di Indonesia.
JAWABAN : Dtinjau dari aspek manapun, kebutuhan akan kreativitas sangatlah terasa. Dalam bidang pendidikan, kesehatan, pemerintahan,sosial dan bidang lainnya. Pengembangan kreativitas dapat meningkatkan mutu  semua bidang tersebut. Contohnya berdasarkan pengamatan saya di Indonesia seperti dalam sebuah perusahaan majalah. Di dalam perusahaan tersebut menuntut karyawan-karyawannya untuk mengembangkan kreativitasnya agar hasil majalah yang akan diterbitkan laku di pasaran.

3 . .  Kendala apa saja yang terutama menghambat studi tentang kreativitas dan penerapannya  dalam dunia pendidikan?
JAWABAN : Kendala yang menghambat studi tentang kreativitas adalah pengertian tentang kreativitas sebagai   sifat yang diwariskan oleh orang yang berbakat atau genius. Dengan kata lain kalau kreativitas itu diwariskan secara turun temurun oleh orangtua padahal seseorang yang tidak jenius juga bisa menjadi kreatif. Penerapan dalam dunia pendidikan itu misalnya pada saat proses belajar mengajar dikelas, guru cenderung menyuruh siswa pintar untuk melakukan segala sesuatunya. Jika hal ini terjadi secara terus menerus maka siswa yang kurang pintar tidak dapat mengembangkan kreativitas yang dimilikinya.


4. Berilah contoh dari aptitude dan non-aptitude traits dari kreativitas ? Berilah argumentasi Anda mengapa keduanya penting untuk dikembangkan pada semua siswa, khususnya siswa berbakat.
JAWABAN :  Contoh aptitude seperti anak SMP membuat miniatur pesawat terbang dan helikoptermenggunakan barang bekas. Contoh non-aptitude adalah seseorang  yang percaya diri mempersentasikan hasil kerjanya.keduanya sangat perludikembangkan karena aptitude dan non aptitude sakang berkaitan satu sama lain,kekreativan seorang anak tidak akan sempurna bila tidak memiliki salah satu dari ini.


6. Bagaimana defenisi USOE tentang keterbakatan yang diadopsi di Indonesia ? Apakah kelebihan dan keterbatasan dari defenisi tersebut?
 JAWABAN :
Defenisi USOE,anak berbakat adalah anak anak yang dapat membuktiakan kemampuan berprestasi yang tinggi  dalam bidang bidang seperti intelektual,kreatif, ,arsistik,kemampuan  kepemimpinan,akedemik spesifik dan mereka yang membutuhkan pelayanan atau aktivitas yang tidak sama yang sudah disediakan disekolah sehubungan dengan penemuan kemampuan kemampuannya.kelebihannya kemampuan yang dimasukan kedalam defenisi ada  banyak sehingga ruang lingkupnya menjadi luas.





7. Rumuskan dan gambarkan konsep keterbakatan  menurut Renzulli. Apakah makna dari defenisi tersebut ?
JAWABAN :  





Three-Ring conception dari Rezulli dan kawan kawn yang menyatakan bahwa tiga ciri pokok yang merupakan kriteri(persyaratan) keberbakatan adalah :
a. kemampuan diatas rata rata ,salah satu kesalahan adalah anggapan bahwa hanya kecerdasan sabagaimana diukur dengan prestasi belajaryang menentukan keberbakatan.kemampuan umum mencakup berbagai bidang kemampuan yang biasanya diukur oleh tes  intelegensi, prestasi, bakat, mental primer, dan berpikir kreaatif.
b. Kreativitas,kelompok kedua yang dimiliki anak berbakat adalah kreativitas sebagai kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru, member gagasan yang baru atau kemampuan melihat hubungan hubugan baru dengan unsu unsure yang sudah ada sebelumnya.  
c. Pengikatan diri terhadap tugas, sebagai bentuk motivasi yang internal yang mendorong seseorang untuk tekut dan ulet mengerjakan tugasnya.walaupun banyak rintangan dan hambatan tetap mengerjakan tugasnya yang sudah menjadi tanggungjawabnya.


8. Berilah rumusan Anda sendiri mengenai “keterbakatan” atau “anak berbakat” yang merupakan sintesis dari defenisi USOE dan konsepsi Renzulli.
JAWABAN :   Menurut pendapat saya anak yang berbakat atau keterbakatan itu ialah kemampuan yang dimiliki sianak baik berasal dari bawaan dan di pengaruhi oleh lingkungan. Anak berbakat adalah anak yang mampu mengeksplorasi apa yang ada dalam dirinya sendiri.
 
9. Bagaiman hubungan antara kreativitas dan aktualisasi diri? Pilihlah 3 tokoh di Indonesia yang menurut Anda merupakan teladan (model) dari keunggulan kreatif.
JAWABAN :   Hubungan antara keberbakatan dan aktualisasi diri ialah saling berkaitan dan berkolerasi ,aktualisasi diri ialah apabila seseorang menggunakan semua bakat dan talentanya untuk menjadi apa yang ia mampu menjadi-mengaktualisasikan atau mewujudkan potensinya. Clark Moustakis mengatakan bahwa kreativitas adalah pengalaman mengekspresikan dan mengaktualisasikan dentitas individu dalam bentuk terpadu dalam hubungan dengan diri sendiri, dengan alam dan dengan orang lain.
3 tokoh diIndonesia yang merupakan teladan dari keunggulan kreatif yaitu:
- Yovie Widianto
- Hanung Bramantio
- Ari Tulang




Bab II : Pendekatan 4P dalam Pengembangan Kreativitas (hal 52)

 
1.       Bagaimana teori-teori psikoanalisis menjelaskan kinerja kreatif individu? Bandingkan teori Freud, Kris dan Jung.
 JAWABAN : Teori psikoanalisis melihat kreativitas sebagai hasil mengatasi masalah,yang biasanya mulai pada masa anak.

a.  Teori Freud, kreativitas merupakan cirri kepribadian yang menetap pada lima tahun pertama dari kehidupan.kaitan antara kebutuhan seksual yang tidak disadari dengan kreativitas yang dimulai pada tahun tahun pertama dari kehidupan adalah orang hanya didorong untuk menjadi creative jika mereka tidak dapat memenuhi kebutuhan seksualna secara langsung

b. Teori Kriss, mengatakan bahwa mekanisme pertahanan regresi(beralih keperilaku sebelumnya yang akan member kepuasan,jika perilaku sekarang tidak berhasil atau tidak member kepuasan,jika perilaku sekarang tidak berhasil atau tidak member kepuasan) jugasering muncul dalam tindakan kreatif.orang orang kreatif adalah orang orang yang mampu memanggil bahan bahan dari alam pikiran tidak sadar.

 

c. Teori Jung , percaya bahwa ketidaksadaran memainkan peranan yang amat penting dalam kreativitas tingkat tinggi.alam pikiran yang tidak didasari dibentuk oleh masa lalu pribadi. Dari ketidaksadaran kolektif ini timbul penemuan,teori,seni dan karya baru lainnya.







5. Bagaiman kondisi internal (pribadi kreatif) dan kondisi eksternal (lingkungan) yang memupuk kreativitas yang konstruktif menurut Rogers.
JAWABAN : Ada dua kondisi yang memupuk kreativitas yang konstruktif menurut Rogers yang pertama ada kondisi internal (pribadi kreatif) yaiu merupakan dorongan dari dalam untuk creative dan kondisi eksternal (lingkungan) yaitu kemampuan untuk bereksperimen dengan lingkungan, menurut pengalaman Rogers dalam psikoterapi, penciptaan  kondisi keamanan dan kebebasan psikologis memungkinkan timbulnya kreativitas yang konstruktif. Dalam situasi ini, “real self” dimungkinkan untuk timbul, untuk diekspresikan dalam bentuk-bentuk baru dalam hubungannya dengan lingkungannya.


6. Bagaimana pada umumnya gambaran ciri-ciri kepribadian yang kreatif menurut hasil penelitian? Jelaskan bagaimana ciri-ciri tersebut dalam kondisi yang tidak menguntungkan  dapat menjelma sebagai ciri-ciri yang perilaku negatif.
JAWABAN : Ciri ciri kepribadian yang kreatif menurut penelitian  dilakukan pada tahun 1977 . Adapun alat penelitian yang digunakan adalah adaptasi Torrance,yaitu ideal pupil checlis yang terdiri dari 60 ciri yang melalui studi empirisciri ciri perilaku yang ditemukan pada orang orang kreatif adalah berani dalam pendirian,melit(ingin tahu),mandiri dalam berpikir dan mempertimbangkan,bersibuk diriterus menerus dengan tugasnya,intuitif,tulentidak bersedia menerima pendapat dalam otoritas begitu saja. Dalam kondisi yang tidak menguntungkan, anak yang kreatif bisa juga menunjukkan ciri-ciri perilaku negatif, seperti: sikap tidak kooperatif, egosentris, terlalu asertif, kurang sopan, acuh tak acuh terhadap aturan, keras kepala, emosional, menarik diri, dan menolak dominasi atau otoritas guru.

9. Buatlah rencan kegiatan belajar siswa berbakat berdasarkan strategi 4P untuk mengembangkan kreativitas?
JAWABAN :
1. Guru meminta murid untuk mengerjakan puzzle
2. Guru mengenal pribadi-pribadi muridnya kemudian meminta mereka untuk menampilkan hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan
3. Guru memberikan tugas untuk nantinya bisa didiskusikan dengan orang tua mereka

Bab III : Identifikasi dan Pengukuran Kreativitas (hal 74)

2. Jelaskan perbedaan antara anak yang precocious dan anak yang prodiguous  . Berilah contoh kasus dari pengalaman Anda!
 JAWABAN : Anak precocious adalah seseorang yang mampu melakukan hal hal yang biasanya dilakukan oleh mereka yang lebih tinggi usianya. Contoh : Adik sepupu saya yang berusia 5 tahun sudah bisa membaca tulisan bahasa inggris. Sedangkan anak prodigious adalah seseorang yang prestasinya begitu luar biasa dan langka sehingga begitu menakjubkan. Contoh : Putu Stephanie Apriliani
 
8. Skala Renzulli-Hartman untuk menilai karakteristik perilaku siswa berbakat yang harus diisi oleh guru meliputi sub-skala apa saja? Sebutlah ciri-ciri perilaku siswa  untuk setiap sub-skala. Apakah kesulitannya dalam mengadaptasi skala ini untuk penggunaan di Indonesia?

JAWABAN : 
Sub skala ynag harus diisi oleh guru untuk menilai karakteristik perilaku  siswa berbakat menurut skala Renzulli-Hartman yaitu:
1. Rasa ingin tahu yang luas dan mendalam 
ciri-ciri : senang membaca buku, koran
2.Sering mengajukan pertanyaan yang baik 
ciri-ciri : saat ada kesempatan , suka bertanya pada guru dan orangtua
3. Memberikan banyak gagasan atau usul terhadap suatu masalah 
ciri-ciri : tidak pendiam, fokus dalam mendengarkan
4. Bebas dalam menyatakan pendapat 
ciri-ciri :  tidak pendiam
5. Mempunyai rasa keindahan yang dalam
ciri-ciri :  suka berkrasi akan suatu hal
6. Menonjol dalam salah satu bidang seni  
ciri-ciri :  pintar melukis, dan membaca not
7. Mampu melihat suatu masalah dari berbagai sudut pandang
ciri-ciri :  cerdas, tidak egosentris
 8. Mempunyai rasa humor yang luas 
ciri-ciri : gampang bersosialisasi
9. Mempunyai daya imajinasi 
ciri-ciri :  tidak terikat akan sesuatu yang harus teratur
10. Orisinal dalam ungkapan gagasan dan dalam pemecahan masalah.
ciri-ciri :  bijaksana

Kesulitan di Indonesia adalah anak kurang mendapatkan perhatian dari orangtua maupun guru. Orangtua dan guru "cenderung menganggap anak-anak tidak bissa melakukan apa-apa sendiri"

Bab IV:Perana Keluarga dalam Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak

1.       Kemukakan inti dari teori Amabile tentang Persimpangan Kreativitas ( Creativity Intersection) 
JAWABAN : Teori   persimpangan kreativitas menekankan bahwa keberhasilan dalam wujud kreativitas ditentukan oleh tiga faktor yang saling berkaitan dan titik pertemuan antara ketiga faktor inilah yang menentukan keunggulan kreatif yaitu yang pertama keterampilan dalam biang tertentu,keterampilan berpikir dan bekerja kreatif,dan motivasi instrinsik.

3. Uraikan karakteristik “keluarga kreatif” menurut Dacey!
JAWABAN : Karakteristik keluarga yang kreatif menurut Decay yaitu penataan rumah yang berbeda dari rumah pada umumnya,orangtua sudah mengenali tanda tanda kekreatifan anak sejak anak usia dini,dan mereka mendorong dan member  banyak kesempatan untuk mengembangkan bakat anak,orangtua dan anak dari keluarga kreatif sama sama berpendapat bahwa peran sekolah  tidak penting dalam pengembangan kreatifitas anak,tetapi remaja kreatif cenderung untuk bekerja lebih keras  daripada teman sekolah mereka. 
 
5. Perbedaan apa yang nyata antara keluarga anak berbakat dan keluarga anak biasa (dengan tingkat kecerdasan rata-rata) dalam penelitian yang dilakukan di Jakarta pada tahun 1982?
JAWABAN : Perbedaaan yang  nyata antara anak keluarga berbakat dan anak keluarga biasa,hasil studi menunjukan bahwa orangtua anak berbakat mempunyai tingkat pendidikan,jabatan professional dan penghasilan yang lebih tinggi. Lebih banyak dari mereka yang hobi membaca. Orangtua anak berbakat lebih mementingkan “ketekunan ” dan “inisiatif” dibandingkan orangtua kelompok anak dengan kecerdasan rata rata. Dibandingkan dengan orangtua anak berbakat, orangtua ber IQ rata rata lebih mementingkan ‘kepatuhan” pada anak . Anak berbakat tidak banyak dituntut orangtua untuk mengerjakan tugas tugas dirumah dibandingkan dengan anak IQ rata rata sehingga mereka memilii banyak waktu untuk melakukan hal hal yang mereka senangi .
 
6. Dengan cara-cara apakah orang tua dapat merangsang kreativitas anak di rumah? Berilah contoh kasus nyata yang anda kenal
JAWABAN :  
-Orangtua menghargai keunikan yang ada pada diri anaknya dan mendorong n=minat dan prakarsanya. 
-Orangtua tidak memberikan tekanan, tapi memberikan kebebesan untuk menjajjaki kegitan-kegiatan kreatif
-Orangtua berperan sebagai narasumber
-Orangtua menyediakan sarana dan prasarana yang beragam
-Orangtua menghargai apapun hasil kreativitas anaknya.
Contoh : Anak depan rumah saya, , hasil ujiannya ynag mendapat nilai 100 dan hasil prakarya nya di pajang dan di tempel oleh orangtuanya.

7. Jelaskan sikap orang tua yang memupuk pengembangan kreativitas ! Simpulkan 3 asas yang paling penting.
JAWABAN : 
- menghargai pendapat anak dan mendorongnya mengungkapkannya
-memberi waktu kepada anak untuk berpikir, merenung dan berkhayal
-membiarkan anak mengambil keputusan sendiri
-meyakinkan anak bahwa orangtua menghargai apa yang ingin dicoba  dilakukan, dan apa yang dihasilkan
-menunjang dan mendorong kegiatan anak
-menikmati keberadaannya bersama anak
-memberi pujianyang sungguh kepada anak
-mendorong kemandirian anak dalam bekerja
-melatih hubungan kerjasama yang baik dengan anak

3 asas yang paling penting : memotivasi anak, memberi kan sarana dan prasarana dan membiarkan nya mandiri
 
 Bab V: Peranan Sekolah dalam Mengembangkan Kreativitas anak (hal 116)    

1.       Kita dapat membedakan tiga kategori karakteristik guru anak berbakat. Jabarkan ciri-ciri dari guru anak berbakat dari setiap kategori.
JAWABAN :   a. karakteristik filosofis,guru dalam situasi konflik bila  diberikan pilihan apakah mendukung program sekolah atau tidak oleh kepala sekolah. 
b. Karakteristik Profesional guru dari guru dapat dikembangkan melalui pelatihan dalam jabatan, memiliki kemampuan untuk mempergunakan dinamika kelompok,tehnik,ciri dan strategi yang maju dalam mata pelajaran tertentu, memberikan pelatihan in quiry dan memahami ilmu computer.  c.karakteristik pribadi guru anak berbakat meliputi motivasi,kepercayaan diri,rasa humor,kesabaran,minat luas dan kelentura.

5. Dengan cara-cara apa kita dapat memanfaatkan peranan mentor sebagai narasumber untuk program anak berbakat?
JAWABAN : Dengan cara datang ke kantor nya , ataupun membuat undangan untuk datang ke sekolah. KEtika sudah bertemu, bisa menanyakan hal-hal yang penting bagi kita.

9. Berilah 3 contoh dari kegiatan yang merangsang kreativitas anak disekolah.
JAWABAN : 
1. mengerjakan/menyelesaikan puzzle kata atau pun gambar
2. membuat pantun, dengan cra balas-balas an pantun
3. mengarang sebuah cerita

10. Unsur-unsur  mana yang penting diperhatikan dalam merancang strategi mengajar yang meningkatkan kreativitas siswa?
JAWABAN :  
a.pemberian penilaian tidak hanya oleh guru tetapi juga melibatkan siswa
b. pemberian hadiah sebaiknya uang intangible, dan yang berkaitan dengan  kegiatan yang sedang dilakukan
c. memberikan kesempatan kepada anak untuk memilih topik atau kegiatan belajar sampai batas tertentu.
11. Buatlah desain ruang kelas yang memudahkan belajar – mengajar secara kreatif!
























BabVI:Peranan Masyarakat dalam Mengembangkan Kreativitas (hal 135)  
6. Buatlah bagan yang mensitesiskan pendapat para pakar  dari Indonesia!
JAWABAN : 





1 komentar: